• Breaking News

    Senin, 19 September 2016

    Foundation Solusi Agar Alas Bedak Bertahan Lebih Lama

    Foundation


    LakuponMagz - Jakarta. Foundation atau alas bedak adalah salah satu kunci sukses riasan yang sempurna, perlengkapan dasar make-up. Fungsi foundation adalah untuk menyamarkan atau menutupi bagian wajah yang kurang sempurna, seperti bekas jerawat, kulit yang kurang halus, atau warna kulit yang tidak rata/sama. Pengaplikasian foundation yang kurang tepat dapat menyebabkan tampilan kita bukannya bertambah cantik, Namun, sering kali foundation cepat luntur dan menghancurkan riasan Kamu. semakin kacau bahkan kadang terlihat seperti memakai topeng.

    Ingin tahu tips agar alas bedak tetap tahan lama? Simak beberapa tips yang dilansir dari Allure.com, pada hari Sabtu (17/9/2016) berikut ini.

    BACA JUGA
    Kenali Jenis Kulitmu
    Dalam memilih foundation, langkah pertamanya adalah dengan mengenali jenis kulit kita: kering, normal, kombiinasi, atau berminyak karena ini menentukan jenis foundation apa yang cocok. Berikut ini adalah jenis foundation dan penggunaannya:

    Oil-based foundation. Foundation ini tepat digunakan bagi Kamu yang memiliki kulit kering. Sebelum menggunakan, kocok terlebih dahulu agar semua formulanya larut dengan sempurna.

    Matte foundation. Foundation ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak mengandung minyak dan mengontrol kilap di wajah. Namun ingat, matte foundation juga cepat kering. Oleh karena itu jangan pernah mengaplikasikan foundation jenis ini terlalu tebal.

    Liquid foundation. Liquid foundation terdiri atas dua jenis: berbahan dasar air, dan berbahan dasar minyak. Foundation berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Sementara yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering atau yang mengalami dehidrasi.

    Stick. Foundation ini cocok untuk kulit kering dan normal. Selain awet di wajah, alas bedak stick dapat juga digunakan sebagai penutup noda hitam pada wajah dan flek bekas jerawat.

    Memilih Warna Foundation
    Memilih warna foundation. Memilih warna foundation yang tepat untuk warna kulit Kamu sangat penting. Pilih beberapa warnaBersihkan wajah dan biarkan wajah Kamu tanpa make up, kemudian pilih sepasang warna foundation yang senada dengan warna kulit Kamu . Beberapa make up artist percaya bahwa warna kuning untuk foundation akan membuat semua jenis warna kulit menjadi tampak lebih lembut dan natural, namun apabila Kamu menginginkan make up yang lebih mencolok Kamu dapat memilih warna foundation yang lebih cerah.

    Test pada kulitCobalah sedikit di sekitar rahang Kamu, jangan di sekitar tangan maupun pergelangan tangan, ini berlawanan dengan anggapan banyak orang. Dengan mencobanya Kamu dapat memastikan secara langsung warna dasar yang cocok dengan wajah dan leher Kamu , hal itu akan menghindari kesan make up yang seperti topeng nantinya.

    Cermati dengan seksamaApabila memungkinkan cobalah berdiri dekat pintu atau sisi ruangan yang memiliki pencahayaan natural. Hal ini berguna untuk melihat apakah warna foundation telah menyatu dengan kulit dengan sempurna.

    Pakai pelembap
    Pakai pelembap adalah langkah penting, karena foundation sering menggumpal di bagian kulit yang kering. Untuk kulit normal pilih pelembap losion yang ringan dan langsung diserap kulit, sedangkan pelembap krim cocok untuk kulit sangat kering, terlebih jika seharian akan berada di ruang AC. Untuk kulit berminyak, tak perlu pakai pelembap.

    Tunggu sampai pelembap benar-benar diserap kulit lalu gunakan primer. Jangan pilih primer yang terlalu licin karena foundation tak akan menempel sempurna di kulit. Pilihlah primer yang agak sedikit mengeras saat kering.

    Pilih foundation cair
    Jatuhkan pilihan pada foundation cair, karena foundation bedak sering terlihat kering dan menggumpal serta menempel di garis dan kerutan wajah. Gunakan foundation dalam formula tahan lama yang teksturnya pekat, karena tekstur yang terlalu tipis gampang untuk luntur.

    Untuk kulit berminyak, selain formula tahan lama, bisa juga dipilih formula matte yang kandungan pelembapnya sedikit dan juga mengontrol minyak di kulit. 

    Pakai sedikit demi sedikit
    Foundation pekat yang full coverage akan terlihat lebih baik sekaligus tahan lebih lama jika digunakan sedikit demi sedikit. Jika Kamu mengaplikasikan foundation sekaligus banyak dan tebal pasti akan ada bagian yang tak langsung terkena kulit, dan itu akan luntur dari kulit.

    Titikkan foundation di dahi, dua titik di masing-masing pipi lalu satu titik lagi di dagu. Gunakan kuas foundation dengan ujung rata, lalu baurkan foundation dengan cara ditekan di kulit dan diputar-putarkan sampai seluruh kulit tertutup foundation. Titikkan lagi di atas jerawat dan noda kulit lalu baurkan.

    Bubuhkan bedak
    Bedak akan ‘mengunci’ foundation dan menyerap minyak di kulit, namun sayangnya juga bisa mengubah warna foundation dan menumpuk di garis-garis kulit. Solusinya adalah pakai bedak tabur setipis mungkin dan pilih yang transparan dalam formula HD (High Definition). Bedak tabur tersebut mampu menyamarkan tampilan pori-pori kulit dan garis kerutan kulit.

    Konsentrasikan penggunaannya di bagian T wajah. Untuk bagian pipi, gunakan setipis mungkin dan dibaurkan dengan kuas besar.

    Kunci dengan finishing spray
    Langkah terakhir adalah menyemprotkan finishing spray, yang manfaatnya adalah untuk mencegah makeup Kamu luntur. Cermati formulanya dengan baik karena finishing spray ada yang mengandung pelembap, namun ada juga yang menyerap minyak. Untuk kulit sensitif coba sedikit dulu karena umumnya finishing spray ini mengandung alkohol, terutama yang berjenis menyerap minyak.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Culture